DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM MENAATI PERATURAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 BATU KETULIS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Utari, Umi Ainun
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2021-10-14 03:20:39 
Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap perilaku disiplin peserta didik dalam menaati peraturan sekolah di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 55 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik dengan menggunakan teknik sosiodrama. Instrument dalam penggambilan data menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data adalah yaitu t hitung = 0,2068 sedangkan t tabel = 1,83311 dari signifikan (?) sebesar 0,05.Selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan Skor pre-test diperoleh rata-rata 68,2 yang masuk dalam kategori mutu sedang, sedangkan skor post-test diperoleh rata-rata sebesar 86,9 yang masuk pada kategori mutu cukup tinggi dengan selisih skor pre-test dan post-test yaitu 18,7. Hal itu menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap perilaku disiplin peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Ada Pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap perilaku disiplin peserta didik dalam menaati peraturan sekolah di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Tahun pelajaran 2020/2021.. Bimbingan kelompok sangat berpengaruh pada semua aspek perilaku disiplin. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro