Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh layanan
bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap perilaku disiplin
peserta didik dalam menaati peraturan sekolah di SMP Negeri 1 Batu Ketulis
Tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif
eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian
sebanyak 55 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik dengan
menggunakan teknik sosiodrama. Instrument dalam penggambilan data
menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang
digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data adalah yaitu t
hitung
= 0,2068
sedangkan t
tabel
= 1,83311 dari signifikan (?) sebesar 0,05.Selain itu diketahui
bahwa terjadi peningkatan Skor pre-test diperoleh rata-rata 68,2 yang masuk
dalam kategori mutu sedang, sedangkan skor post-test diperoleh rata-rata
sebesar 86,9 yang masuk pada kategori mutu cukup tinggi dengan selisih skor
pre-test dan post-test yaitu 18,7. Hal itu menunjukan bahwa bimbingan kelompok
berpengaruh terhadap perilaku disiplin peserta didik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Ada Pengaruh layanan bimbingan
kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap perilaku disiplin peserta
didik dalam menaati peraturan sekolah di SMP Negeri 1 Batu Ketulis Tahun
pelajaran 2020/2021.. Bimbingan kelompok sangat berpengaruh pada semua
aspek perilaku disiplin.