Abstract :
Para pengusaha yang bergerak di bidang penggilingan beras ini mengalami
pertumbuhan yang cukup banyak beberapa tahun belakang ini. Perspektif baru atas
peluang usaha ini muncul dari pandangan dari para pemilik usaha karena
penggilingan padi ini merupakan usaha strategis karena di wilayah Trimurjo terdapat
banyak petani yang menanam padi. Sehingganya diperlukan banyak pabrik untuk
mampu menggilinga padi pada saat panen. Para pemilik pabrik penggilingan ini tentu
saja harus memiliki strategi yang dapat menambah pendapat mereka dengan cara
menjual langsung beras kepada para konsumen atau pedagang. Bisa saja ada banyak
hambatan yang dihadapi, bisa karena persepsi harga atau kualitas dari para
konsumen atau pedagang atas produk yang sudah dibuat.
Data yang terdapat di lampiran ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada
serratus orang responden dengan menggunakan tehnik yang sudah sesuai dengan
standar. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji simultan (F) dan
uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya persepsi konsumen terdiri
dari, persepsi harga dan kualitas mempunyai pengaruh yang cukup signifikan atas
minat beli produk beras di pabrik penggilingan Ngatijan sedang yang lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain.