Abstract :
Dewasa ini merk tidak bisa lagi dikatakan sebagai bagian dari produk.
Oleh karena itu, merk harus dipertahan kana tau dikelola secara baik. Aktivitas
pengelolaan merk tersebut harus dipandang sebagai aktivitas yang bernilai bagi
perusahaan. Tipe perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian
yang cenderung melakukan perpindahan merk adalah pengambilan keputusan
terbatas dan inersia.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah
atribut produk, ketidakpuasan konsumen, dan mencari variasi berpengaruh
secara bersama-sama terhadap terhadap perilaku perpindahan merk
smartphone. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder,
metode penelitian yang digunakan adalah teknik penentuan sampel
menggunakan rumus slovin, yaitu mahasiswa manajemen fakultas ekonomi dan
bisnis universitas muhammadiyah metro angkatan 2017, dengan jumlah sampel
sebanyak 114 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas. Pengujian model analisis dalam penelitian
ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan R determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji T diperoleh bahwa atribut
produk berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku perpindahan merek
smartphone, ketidakpuasan konsumen tidak berpengaruh dan tidak signifikan
terhadap perilaku perpindahan merek smartphone, dan mencari variasi
berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku perpindahan merek smartphone.
Dari uji F atribut produk, ketidakpuasan konsumen dan mencari variasi secara
bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku perpindahan merek
smartphone.