DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ZAT ADIKTIF KELAS XI DI SMA NEGERI 1 RAWAJITU SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
FITRIANINGSIH, EKA
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2021-11-16 02:55:29 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran POE (PredictObserve-Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi zat adiktif kelas XI di SMA Negeri 1 Rawajitu Selatan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Rawajitu Selatan tahun pelajaran 2020/2021. Penentuan sample pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara tes. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan soal berpikir krtitis. Soal berpikir kritis merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui atau memperoleh data dari sumber yang telah ditentukan. Instrumen penelitian ini adalah jenis tes subjektif berupa soal esay. Sebelum di gunakan untuk penelitian soal terlebih dahulu divalidasi dan dilihat reabilitas. Uji hipotesis dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan menggunakan tabel kontingensi. Pada uji hipotesis didapatkan hasil bahwasanya model pembelajar POE (Predict-Observe-Explain) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai = 17,25 dan =9,49 dengan ? =0,05. Simpulan terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi zat adiktif kelas XI di SMA Negeri 1 Rawajitu Selatan. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro