DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODULPEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DI SERTAI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADAMATERISISTEM PERNAPASAN UNTUK SISWA KELAS XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
FITRIYANI, SANTY
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2021-11-17 07:16:35 
Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa modul pembelajaran Biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pernapasan kelas XI IPA SMA. Metode pengembangan modul ini adalah model Thiagarajan (4-D) yang mempunyai tahapan define, desighn, development, dan disseminate, tetapi pada pengembangan modul hanya tahap development. Hasil dari pengembangan modul biologi berbasis model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dari validasi ahli desain diperoleh presentase 88% (sangat baik). Hasil validasi ahli materi di peroleh presetase 94 (sangat baik). Hasil validasi ahli soal HOTS diperoleh presentase 86% (sangat baik) dan hasil uji coba peserta didik diperoleh hasil layak untuk digunakan . Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa keempat uji mendapatkan kategori ??sangat Baik?? sehingga modul ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar tambahan pada pembelajaran materi sistem pernapasan di sekolah. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro