Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku panduan
yang layak digunakan guru sebagai acuan menerapkan model pembelajaran
Hybrid. Urgensi dalam pengembangan ini dilakukan karena saat ini dunia telah
mengalami kemajuan dan telah memasuki revolusi industri 4.0, pendidikan kini
diharuskan untuk senantiasa berkembang. Kemajuan yang dialami saat ini
menjadikan manusia harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik,
pendidikan pun akhirnya juga mengalami kemajuan. Model Hybrid Learning
merupakan model pembelajaran yang bisa menggabungkan antara
pembelajaran luring (tatap muka) dengan daring (menggunakan teknologi).
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) atau pengembangan. Buku panduan ini dipadukan dengan
pembelajaran sejarah lokal Lampung yaitu Radin Intan II. Proses untuk
menghasilkan buku panduan ini diawali dengan tahap validasi yang dilakukan
oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain dan model. Hasil validasi buku panduan
mengalami peningkatan presentase dari sebelum dan setelah dilakukan revisi.
Hasil validasi buku panduan ini dari segi materi sebesar 95% dan dari segi
desain sebesar 92%. Berdasarkan presentase yang diperoleh dari ahli validasi
bahwa Buku Panduan Model Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Sejarah
Lokal Lampung masuk dalam kategori ?Sangat Layak? sehingga dapat digunakan
untuk membantu guru dalam proses pembelajaran.