Abstract :
Problematika tidak disipilin dalam menggunakan waktu dapat
mempengarui kesuksesan seorang. Seorang pelajar diwajibkan untuk bersikap
disiplin, terutama disiplin waktu. Disiplin waktu seorang pelajar dalam sekolah
biasanya ditandakan dan diautr dengan adanya bel sekolah. Pembunyian bel
dalam sekolah kebanyakan masih menggunakan manual, sehingga terkadang
masih terjadi kesalahan yaitu seperti telat dalam membunyikanya. Maka
dibuatlah bel sekolah otomatis yang terintegrasi dengan komponen elektronika,
sehingga mampu meningkatkan minat untuk membantu pelajar untuk lebih
disiplin. Bel sekolah otomatis merupakan sebuah alat perpaduan antara Arduino
Uno dengan beberapa komponen lainya sehingga alat dapat berbnyi otomatis.
Bel sekolah otomatis juga dapat digunakan sebagai sumber belajar fisika. Tujuan
pengembangan bel sekolah otomatis ini sebagai sumber belajar fisika dalam
materi gelombang elektromagnetik dan teknologi digital serta dapat membantu
meningkatkan kedisiplinan pelajar. Metode penelitian ini menggunakan metode
(R&D) dengan model ADDIE. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli dan
Respon pengguna. Hasil validasi oleh 2 ahli aspek media diperoleh presentase
rata-rata sebesar 96,25% dengan kriteria ?Sangat Layak?, dan hasil validasi oleh
3 ahli aspek materi diperoleh persentase 91,03% dengan kriteria ?Sangat Layak?.
kemudian Hasil kepraktisan penggunaan bel sekolah otomatis mendapatkan
persentase rata-rata 91,2% dengan Kriteria ?Sangat Praktis?