Abstract :
ABSTRAK
Media pembelajaran kini dapat diakses dengan menggunakan komputer maupun
perangkat lain yang dapat digunakan untuk menampilkan media tersebut. Pembuatan media
pembelajaran juga lebih mudah. Berbagai software telah tersedia untuk membuat media
pembelajaran. Dukungan software inilah yang dapat membuat media pembelajaran
semakin menarik dan dapat dengan mudah diproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran fisika dengan aplikasi permainan ular tangga berbasis
android pada materi suhu dan kalor, untuk siswa kelas X IPA SMA dan mengetahui kelayakan
aplikasi permianan ular tangga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pembelajaran
Fisika, dan responden peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau
Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Akuntansi dengan
aplikasi permainan ular tangga berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan
penilaian: 1). Ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 84,59% sehingga termasuk
kategori ?Sangat Layak?, 2). Ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 82,07%
sehingga termasuk kategori ?Sangat Layak?, 3). Responden memperoleh nilai persentase
sebesar 82,44% sehingga termasuk kategori ?Sangat Layak?, sedangkan hasil yang diperoleh
dari validasi yaitu 82,05% maka dapat simpulkan bahwa media permainan ular tangga
berbasis android sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.