Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi high order thinking
skilss (HOTS) dengan sistem pengacakan soal pada aplikasi quizizz,
menghasilkan desain alat evaluasi, mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan
alat evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Devlopment
(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi
analisis (analyze), desain (design), pengembangan (deveploment), Implementasi
(Implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi alat evaluasi terdiri dari ahli
materi dan ahli media masing-masing ahli terdiri dari 4 validator dan uji coba
terbatas kepada 15 peserta didik kelas XI. Alat evaluasi dikembangkan
menggunakan aplikasi quizizz dengan soal sebanyak 20 soal pilihan ganda yang
layak digunakan. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa alat evaluasi
high order thinking skills (HOTS) dengan sistem pengacakan soal pada aplikasi
quizizz. Proses pengembangan sesuai dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) melalui lima tahap
pengembangan yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap
pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil validasi produk
oleh ahli materi yang terdiri dari aspek kelayakan bahasa, kelayakan isi dan
kelayakan penyajian diperoleh nilai presentase sebesar 84,5% dan ahli media
yang terdiri dari aspek penyajian, kemudahan pengunaan, desai dan desai isi
diperoleh nilai presentase sebesar 86,9% dengan kategori sangat layak.
Sedangkan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik diperoleh nilai presentase
sebesar 81,1% produk yang dikembangkan praktis dan layak untuk digunakan
sebagai alat evaluasi. Kelebihan dari alat evaluasi yaitu alat evaluasi praktis
karena tidak menggunakan kertas, peserta didik menggunakan perangkat
smartphonenya masing masing dalam kegiatan evaluasi, tidak membutuhkan
waktu penilaian yang lama karena hasil tesnya dapat disimpan dan didownload
dan mudah diakses diberbagai jenis gadget dan berbagai jenis sistem
operasinya. Selain memiliki kelebihan, alat evaluasi memiliki kekurangan yaitu
membutuhkan akses internet yang baik, karena akses internet yang buruk dapat
mengganggu peserta didik pada saat pelaksanaan evaluasi berlangsung dan
peserta didik tidak bisa mengulang jawaban yang sudah dikerjakan ketika
kegiatan evaluasi sedang berlangsung.