DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN SISTEM PENGACAKAN SOAL PADA APLIKASI QUIZIZZ
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Agus Fina, Eva
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2021-12-17 03:20:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi high order thinking skilss (HOTS) dengan sistem pengacakan soal pada aplikasi quizizz, menghasilkan desain alat evaluasi, mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan alat evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Devlopment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (deveploment), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi alat evaluasi terdiri dari ahli materi dan ahli media masing-masing ahli terdiri dari 4 validator dan uji coba terbatas kepada 15 peserta didik kelas XI. Alat evaluasi dikembangkan menggunakan aplikasi quizizz dengan soal sebanyak 20 soal pilihan ganda yang layak digunakan. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa alat evaluasi high order thinking skills (HOTS) dengan sistem pengacakan soal pada aplikasi quizizz. Proses pengembangan sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) melalui lima tahap pengembangan yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil validasi produk oleh ahli materi yang terdiri dari aspek kelayakan bahasa, kelayakan isi dan kelayakan penyajian diperoleh nilai presentase sebesar 84,5% dan ahli media yang terdiri dari aspek penyajian, kemudahan pengunaan, desai dan desai isi diperoleh nilai presentase sebesar 86,9% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik diperoleh nilai presentase sebesar 81,1% produk yang dikembangkan praktis dan layak untuk digunakan sebagai alat evaluasi. Kelebihan dari alat evaluasi yaitu alat evaluasi praktis karena tidak menggunakan kertas, peserta didik menggunakan perangkat smartphonenya masing masing dalam kegiatan evaluasi, tidak membutuhkan waktu penilaian yang lama karena hasil tesnya dapat disimpan dan didownload dan mudah diakses diberbagai jenis gadget dan berbagai jenis sistem operasinya. Selain memiliki kelebihan, alat evaluasi memiliki kekurangan yaitu membutuhkan akses internet yang baik, karena akses internet yang buruk dapat mengganggu peserta didik pada saat pelaksanaan evaluasi berlangsung dan peserta didik tidak bisa mengulang jawaban yang sudah dikerjakan ketika kegiatan evaluasi sedang berlangsung. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro