Abstract :
Peserta didik membutuhkan peran dari semua komponen di dalam
sekolah, untuk dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri masingmasing
peserta didik. Layanan bimbingan dan konseling dapat dilakukan oleh
konselor untuk memfasilitasi siswa dalam mengaktualisasikan potensi siswa
secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adakah Pengaruh
Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Photovoice Untuk
Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri
Trimurjo tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui
Pengaruh Positif Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Photovoice
Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri
Trimurjo tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan ialah
kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
experiment dengan metode One Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok
Pretest-Posttest). Populasi penelitian 20 peserta didik yang sekaligus sebagai
sampel penelitian dengan menggunakan Purposive sampling Instrumen
pengambilan data berupa angket dengan skala likert. Analisis data
menggunakan uji t, hasil diperoleh t
hitung
= 18,64 ? t
tabel
= 2,094, signifikasi 0,05.
Skor pretest 45,85 dan posttest 65,1 sehingga terjadi peningkatan 19,25 . Hal ini
membuktikan layanan bimbingan klasikal menggunakan media photovoice dapat
meningkatkan perencanaan karier. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah
terdapat pengaruh positif layanan bimbingan klasikal menggunakan media
photovoice untuk meningkatkan perencanaan karier peserta didik kelas VIII di
SMP Negeri 1 Trimurjo tahun pelajaran 2020/2021. Saran, sebaiknya agar
perencanaan karir peserta didik dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan
klasikal dengan menggunakan media photovoice.