Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persiapan layanan guru
bimbingan dan konseling dalam meningkatkanmanajemen waktu peserta didik di
SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. 2)
untuk mengetahuipelaksanaan layanan guru bimbingan dan konseling dalam
mengingkatkan manajemen waktu peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gajah
Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui evaluasi
yang dilakukan guru bimbingan dan konselingdalam mengingkatkan manajemen
waktu peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul data penelitian
sekaligus menganalisis data. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan
lembar wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis data deskriptif induktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah Persiapan layanan bimbingan dan
konseling sebagai upaya untuk membantu peserta didik meningkatkan
manajemen waktu telah sesuai dengan prosedur layanan atau SOP. Dalam hal
pelaksanaan layanan, maka upaya yang dilakukan adalah dengan
memaksimalkan layanan bimbingan klasikal untuk memahamkan kepada peserta
didik akan pentingnya pengelolaan waktu yang baik dan benar. Terkait dengan
evaluasi dan tindak lanjut, guru bimbingan dan konseling berupaya untuk
mencapai tujuan layanan bimbingan klasikal secara optimal dengan terus
memantau perkembangan peserta didik.