Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank BRI Unit Trimulyo
Cabang Tanjung Karang. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data
primer dan sumber data sekunder. Metode yang digunakan peneliti adalah
metode wawancara dan metode dokumentasi. Data yang sudah terkumpul
kemudian dianalisis dengan menggunakan metode-metode deskriptif analisis
dengan menggunakan pendekatan kualitatif (kata). Dimana penelitian
menggambarkan keadaan objek peneliti dengan mengumpulkan data dan
mengolah data-data yang berkaitan erat dengan masalah yang akan diteliti.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank BRI Unit Trimulyo
Cabang Tanjung Karang telah menerapkan sistem otorisasi yang baik dimana
setiap proses hanya terjadi atas dasar otorisasi dari pejabat yang memiliki
wewenang untuk menyetujui terjadinya proses transaski dan dokumen-dokumen
dalam sistem pemberian kredit usaha rakyat telah lengkap sesuai dengan SOP
pemberian kredit. Prosedur yang ada pada PT. Bank BRI Unit Trimulyo sudah
sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh bank. Hal ini
menujukkan kelancaran proses operasi dalam sistem pemberian kredit usaha
rakyat.