Abstract :
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini bertujuan (1) untuk
mengetahui proses dan hasil produk pengembangan berupa e-modul matematika
berbasis kontekstual disertai nilai-nilai islam pada materi barisan dan deret kelas
XI MA Ma?arif 06 NU Pasir Sakti dan (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan dan
kepraktisan produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini
menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate). Penelitian ini dilakukan di MA Ma?arif 06 NU Pasir Sakti. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI MA Ma?arif 06 NU Pasir Sakti. Objek penelitian
adalah e-modul berbasis kontekstual disertai nilai-nilai islam. Dari hasil validasi
yang dilakukan dengan 6 validator ahli dan uji kepraktisan yang dilakukan dengan
10 siswa, dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis kontekstual
disertai nilai-nilai islam pada materi barisan dan deret dinyatakan sangat layak dan
sangat praktis, dengan rata-rata persentase hasil uji kelayakan sebesar 86% dan
rata-rata persentase hasil uji kepraktisan sebesar 93%.