Abstract :
Media pembelajaran yang digunakan peserta didik di SMK Negeri 1 Menggala
berupa power point sederhana yang dipadukan dengan buku cetak sehingga untuk
mempelajari materi pembelajaran peserta didik mengalami kesulitan dikarenakan materi
yang disajikan kurang lengkap dan cenderung membosankan sehingga peserta didik
mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Peneliti berupaya mengembangkan
sebuah media pembelajaran berupa multimedia berbasis HTML 5 (Hypertext Markup
Language version 5) untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia
berbasis HTML 5 (Hypertext Markup Language version 5) yang valid dan praktis. Penelitian
yang dilakukan menggunakan R&D (Reseach and Development) atau penelitian
pengembangan dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
pengembangan ADDIE, model ini terdiri dari 5 tahapan pengembangan, yaitu tahap Analisis
(Analysis), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Development), tahap
Implementasi (Implementation), dan tahap Evaluasi (Evaluation). Penelitian dan
pengembangan dari media pembelajaran multimedia berbasis HTML 5 (Hypertext Markup
Language version 5) ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan
praktis. Divalidasi oleh 3 orang ahli yaitu 2 ahli media dan 1 ahli materi, serta diujicobakan
kepada kelompok kecil peserta didik sebanyak 10 orang untuk mengetahui respon peserta
didik. Hasil validasi ahli media 1 memperoleh presentase sebesar 81% dengan kriteria
Sangat Layak atau Sangat Valid. Hasil validasi ahli media 2 memperoleh presentase sebesar
95,6% dengan kriteria Sangat Layak atau Sangat Valid. Kemudian hasil validasi ahli materi
memperoleh presentase sebesar 88,4% dengan kriteria Sangat Layak atau Sangat Valid.
Dan hasil dari rekapitulasi data respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 90%
termasuk dalam kriteria Sangat Kuat atau Sangat Praktis. Berdasarkan presentase yang
diperoleh maka multimedia berbasis HTML5 (Hypertext Markup Language version
5)dinyatakan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.