Abstract :
Masalah yang sering ditemukan dalam proses pembelajaranterdapat
beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar peserta
didik salah satunya yaitu gaya belajar visual sehingga, hasil belajar peserta didik
banyak yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruhgaya belajar visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Ekonomi dikelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif non eksperimen.
Dengan gaya belajar visual sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai
variabel terikatnya. Dengan teknik penentuan sampelnya adalahproportionate
stratified random sampling, sebanyak 28 peserta didik kelas X di SMA
Muhammadiyah 1 Metro menggunakan kuensioner dan soal sebagai instrumen
pengumpulan data dan sampel.
Padapengujian menggunakan rumusregresi linier sederhana diperoleh a =
21,434 b = 0,641, sehingga dengan demikian = + , adalah ?=21,434+
0,641 . Kemudian, dari hasil analisis yang dilakukan maka terbukti bahwa ada
pengaruh yang positif pada gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada kelas
X di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan
analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut t
hitung
> t
, dan terlihat bahwa
pada taraf signifikan 10% yaitu10,543>1,315, yang dapat dilihat pada daftar G
tabel
tabel statistik. Dengan demikian terdapat pengaruh positif peserta didik terkait
gaya belajar visual terhadap hasil belajar ekonomi, maka dapat dikatakan bahwa
hipotesisnya diterima.