Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang
belum tuntas hasil belajar, tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis web blog terhadap
hasil belajar ekonomi sma negeri 1 raman utara tahun pelajaran 2019/2020.
metode penelitian ini menggunakan quasi experimental design bentuk nonequivalent
control
group
design.
Hasil
analisis perhitungan menggunakan regresi
liniar sederhana dengan nilai t
hitung
> t
yaitu 2,02 > 1,72. Sehingga ada
pengaruh positif pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning
berbasis web blog terhadap hasil belajar ekonomi SMA Negeri 1 Raman Utara
tahun pelajaran 2019/2020.pada pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem
ekonomi. Peserta didik kelas eksperimen yang dinyatakan tuntas dengan KKM
(70) setelah treatment sebanyak 30% (9 Peserta Didik), sedangkan yang belum
mencapai tuntas belajar berjumlah 70% (21 Peserta Didik) dan kelas kontrol
83,3% (25 Peserta Didik), sedangkan peserta didik yang belum mencapai tuntas
belajar berjumlah 16,7% (5 Peserta Didik). Berdasarkan presentase yang
diperoleh maka model pembelajaran blended learning berbasis web blog dalam
proses pembelajaran yang diselenggarakan dinyatakan valid dan praktis untuk
digunakan sebagai model pembelajaran.