DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA NEGERI 1 RAMAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Utami, Ade Nerru
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-01-20 06:43:07 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar, tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis web blog terhadap hasil belajar ekonomi sma negeri 1 raman utara tahun pelajaran 2019/2020. metode penelitian ini menggunakan quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Hasil analisis perhitungan menggunakan regresi liniar sederhana dengan nilai t hitung > t yaitu 2,02 > 1,72. Sehingga ada pengaruh positif pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis web blog terhadap hasil belajar ekonomi SMA Negeri 1 Raman Utara tahun pelajaran 2019/2020.pada pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Peserta didik kelas eksperimen yang dinyatakan tuntas dengan KKM (70) setelah treatment sebanyak 30% (9 Peserta Didik), sedangkan yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 70% (21 Peserta Didik) dan kelas kontrol 83,3% (25 Peserta Didik), sedangkan peserta didik yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 16,7% (5 Peserta Didik). Berdasarkan presentase yang diperoleh maka model pembelajaran blended learning berbasis web blog dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai model pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro