DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ILMU EKONOMI DAN MASALAH EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Nurmalasari, Eva
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-01-20 07:29:12 
Abstract :
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Proses untuk menghasilkan e-modul flipbook diawali dengan tahap validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli media ICT. E-modul flipbook juga diuji cobakan kesekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sekampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul flipbook ini layak digunakan dalam pembelajaran. hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli materi dengan persentase sebesar 97% dengan kriteria kuat, hasil validasi oleh ahli media dengan persentase 89,4% dengan kriteria kuat, hasil validasi oleh ahli media ICT dengan persentase 96,4% dengan kriteria kuat, dan hasil pengujian dengan kelompok kecil yaitu 12 orang peserta didik dengan persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari rata-rata validasi ahli sebesar 94,26% dengan kriteria sangat kuat dan respon peserta didik sebesar 88% dengan kriteria kuat makan e-modul flipbook dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro