Abstract :
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Proses untuk menghasilkan
e-modul flipbook diawali dengan tahap validasi oleh ahli materi, ahli media dan
ahli media ICT. E-modul flipbook juga diuji cobakan kesekolah untuk mengukur
respon peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sekampung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul flipbook ini layak digunakan
dalam pembelajaran. hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli materi
dengan persentase sebesar 97% dengan kriteria kuat, hasil validasi oleh ahli
media dengan persentase 89,4% dengan kriteria kuat, hasil validasi oleh ahli
media ICT dengan persentase 96,4% dengan kriteria kuat, dan hasil pengujian
dengan kelompok kecil yaitu 12 orang peserta didik dengan persentase sebesar
88% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari
rata-rata validasi ahli sebesar 94,26% dengan kriteria sangat kuat dan respon
peserta didik sebesar 88% dengan kriteria kuat makan e-modul flipbook
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses
pembelajaran.