Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini
adalah penelitian ex-Post Facto yaitu penelitian yang dilakukan atas peristiwa
yang telah terjadi untuk mengungkapkan pengaruh motivasi dan minat belajar
terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Sampel
penelitian berjumlah 105 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah
angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh nilai t
hitung
> t
tabel
baik pada
taraf signifikansi 5% yaitu 6,312 > 1,66 Motivasi belajar mempengaruhi hasil
belajar siswa, Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi
peserta didik di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Berdasarkan uji t diperoleh hasil t
hitung
> t
tabel
pada taraf signifikansi 5% yaitu 5,376 > 1,66, Ada pengaruh motivasi dan
minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil
pengujian diperoleh pengaruh antara motivasi belajar belajar (X
1
), minat belajar
(X
2
) dengan hasil belajar (Y) yang ditunjukkan dengan t
hitung
> t
tabel
baik pada
taraf signifikansi 5% yaitu 28,035 > 1,66 Hal ini menunjukkan bahwa hasil
belajar dapat meningkat jika motivasi belajar dan minat belajar siswa
ditingkatkan.