Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh usaha untuk meningkatkan minat beli
pada diri konsumen, yang saat ini banyak kalangan mahasiswa/i Fakultas
Ekonomi dan Bisnis yang gemar menggunakan sepatu Converse guna
menunjang penampilan mereka. Dalam hal ini sepatu Converse yang telah
melekat baik diharapkan mampu memberikan pertimbangan kearah yang positif
sehingga konsumen dapat melakukan pembelian, dan hal ini dikarenakan Brand
Prestige, Brand Credibility dan Brand Knowledge merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi dan paling dominan terhadap Purchase Intention pada
Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pengaruh Brand
Prestige terhadap Purchase Intention, (2) untuk mengetahui pengaruh Brand
Credibility terhadap Purchase Intention, (3) untuk mengetahui pengaruh Brand
Knowledge sebagai pemoderasi pengaruh Brand Credibility terhadap Purchase
Intention.
Populasi penelitian ini adalah pengguna sepatu Converse yang ada di
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105
responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba
dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Prestige tidak berpengaruh
terhadap Purchase Intention, Brand Credibility tidak berpengaruh terhadap
Purchase Intetntion. Brand Knowledge berpengaruh positif dan signifikan dalam
memoderasi pengaruh Brand Credibility terhadap Purchase Intention.