Abstract :
Peserta didik sulit memehami bahan ajar yang disediakan sekolah, peserta didik
lebih mudah mengingat materi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan
belum terdapat media komik berbasis webtoon dalam pembelajaran matematika
sesuai dengan analisis kebutuhan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kelayakan dan kepraktisan pengembangan media komik matematika
berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan pendekatan Realistic
Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation), tahap implementation tidak
digunakan hanya terfokus pada pengembangan produk, tahap evaluation dilakukan
berdasarkan komentar dan saran. Instrument yang digunakan lembar validasi dan
kepraktisan. Teknik analisis data validasi ahli materi dilakukan oleh dua validator,
dan hasil yang didapat adalah 83% dengan kriteria sangat layak. validasi ahli media
dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 84% atau berada pada
kriteria sangat layak. uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 10 peserta didik, dan
hasil dari uji kelompok kecil adalah 96% atau berada pada kriteria sangat praktis.
Berdasarkan proses validasi dan proses uji kelompok kecil maka pengembangan
media komik matematika berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan
pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan layak dan praktis.