Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini mendeskripsikan Tantangan Guru
Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Way
Serdang Kabupaten Mesuji Tahun 2021. Tujuan penelitian ini untuk, (1)
mendeskripsikan tantangan yang dihadapi guru dan peserta didik, (2)
mendeskripsikan media yang dipakai oleh guru mata pelajaran sejarah, (3)
mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap media yang di pakai pada
mata pembelajaran sejarah dan, (4) mendeskripsikan upaya guru dan peserta
didik mata pelajaran sejarah dalam menghadapi tantangan pembelajaran pada
masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Way Serdang Kab Mesuji tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dilakukan di SMA Negeri 1 Way
Serdang. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi
dan teknik analisa data. Teknik analisa data dilakukan melalui redukasi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan
data dapat dilakukan melalui keterpercayaan, keteralihan, dapat
dipertanggungjawabkan, kepastian. Hasil dari penelitian ini menunjukan, (1)
Belajar dari rumah merupakan langkah yang diambil oleh pemerintah untuk
memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Daerah yang minim dengan fasilitas
publik diantara lain mengenai sinyal dan jaringan menjadi tantangan bahkan
hambatan bagi guru dan pesertadidik, 2) Pembelajaran daring memerlukan
media seperti HP, laptop dan didukung oleh aplikasi seperti whatsapp, google
clssroom, zoom dll. Dalam proses pembelajaran daring di SMAN 1 Way Serdang
pada pembelajaran sejarah mengunakan aplikasi whatsapp dan google
classroom, 3) Tanggapan peserta didik pengunaan media whatsapp dan google
calssroom kurang maksimal karena materi yang disampaikan tidak disertai dengn
penjelasan langsung oleh guru, 4) Kendala pada saat pembelajaran daring yang
paling utama adalah jaringan internet di daerah tempat tinggal peserta didik yang
kurang stabil, upaya yang dilakukan guru memberikan toleransi terhadap peserta
didik yang terlabat dalam pengumpulan tugas, memilih media yang tepat dalam
proses pembelajaran agar bisa berjalan dengan lancar dan menarik. Kemudian
upaya yang dilakukan peserta didik untuk menatasi pembelajaran daring dengan
cara peserta didik mengerjakan tugas terlebih dahulu kemudin jika dirasa sinyal
sudah stabil tugas dikumpul walapun kadang terlambat dalam pengumpulan
tugas, kemudian menambah sumber belajar dari buku dan internet untuk
memudahkan dalam memahami materi yang kurang paham. Banyak sekali
tantangan yang dihadapi oleh peserta didik maupun guru sejarah dalam
pembelajaran daring.