Abstract :
enis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus
dengan 3 kali pertemuan disetiap siklusnya. Subyek penelitian ini yaitu sebanyak
22 siswa kelas VII MTs Margototo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik
hasil belajar, hasif aktivitas siswa dan peningkatan keduanya. Penilaian aktivitas
siswa menggunakan lembar aktivitas dan penilaian hasil belajar menggunakan
instrumen soal pre test dan post test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model NHT pada
materi himpunan kelas VII menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
VII MTs Margototo meningkat. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 46%
dan pada siklus II sebesar 86%. Jadi dari siklus I ke siklus II aktivitas belajar
siswa meningkat sebanyak 40%. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I
sebesar 32% dan pada siklus II sebesar 100%. Jadi dari siklus I ke siklus II hasil
befajar siswa meningkat sebanyak 68%.