Abstract :
Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses
pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 labuhan
ratu kurang variatif. Media yang digunakan masih berupa buku cetak
ekonomi dan LCD sehingga kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam
proses pembelajaran. Maka diketahui bahwa media yang digunakan belum
bisa menarik minat peseta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menghasilkan media pembelajaran scrapbook materi permasalahan
ketenagakerjaan di indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan ratu yang valid
dan praktis. Maka diperlukan media yang bisa menarik peserta didik dalam
menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian yang dilakukan
adalah
jenis penelitian pengembangan atau menggunakan model
pengembangan 4D. Proses untuk menghasilkan scrapbook diawali dengan
tahap validasi oleh ahli media,ahli desain dan ahli materi. Scrapbook juga
diujicobakan ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas XI SMA
Negeri 1 Labuhan ratu. Berdasarkan hasil pengembangan media
pembelajaran scrapbook diketahui hasil rekapitulasi dari ahli media dengan
skor presentase tahap akhir 77% Masuk dalam kategori kuat dan dinyatakan
valid. Hasil rekapitulasi dari ahli desain dengan skor presentase tahap akhir
90% dalam kategori sangat kuat dan dinyatakan valid. Hasil rekapitulasi dari
ahli materi dengan skor presentase tahap akhir 80% masuk dalam kategori
kuat dan dinyatakan valid. Selanjutnya uji kepraktisan oleh peserta didik
kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Labuhan ratu mendapatkan skor 85,4% dan
masuk dalam kategori sangat praktis sehingga dinyatakan praktis.Penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook adalah media
pembelajaran yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.