DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX PADA PERMUKAAN PERKERASAN JALAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Sutrisno, Rizky Agus
Subject
Teknik Bangunan/Sipil 
Datestamp
2022-01-25 02:19:21 
Abstract :
Ruas Jalan Metro - Punggur merupakan bertipe Jalan Kabupaten yang menjadi jalan utama penghubung antara Kota Metro dan Kabupaten Lampung Tengah, ruas jalan Metro - Punggur mengalami kerusakan di beberapa titik yang cukup mengganggu kelancaran bagi pengguna jalan apa bila dalam kondisi hujan jalan mengalami genangan air dan lumpur di beberapa titik di akibatkan adanya jalan berlubang yang cukup membahayakan bagi pengguna jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan dan kerataan permukaan jalan pada Ruas Jalan Pattimura Metro-Punggur Sta. 3+500 sampai dengan 8+600. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI). Dari hasil perbandingan nilai persentase kondisi jalan metode SDI dan IRI pada ruas jalan Kota Metro - Kecamatan Punggur Sta. 3+500 - Sta. 8+600 yang terbagi dalam 26 segmen, metode SDI nilai persentase terbesarnya yaitu 57,593% dengan kondisi Rusak Berat dan metode IRI nilai persentase terbesarnya yaitu 46,153% dengan kondisi Sedang. Dari hasil tersebut dapat dianalisa bahwa metode yang tepat dalam penilaian kondisi pada ruas jalan Pattimura Kota Metro - Kecamatan Punggur yaitu Metode SDI dan jenis penanganannya yakni Peningkatan dengan nilai persentasenya sebesar 53,846%. Jenis penanganan dari hasil analisa sesuai dengan standar ?Direktorat Jendral Bina Marga Nomor.13/PRT/M/11? tentang ( Pemeliharaan Jalan ) dan hasil perhitungan koefisien korelasi (ratio) antara nilai SDI dan IRI angka yang didapatkan yaitu sebesar r = 0.8797 yang berarti mempunyai hubungan korelasi kuat/erat. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro