Abstract :
Ruas Jalan Metro - Punggur merupakan bertipe Jalan Kabupaten yang
menjadi jalan utama penghubung antara Kota Metro dan Kabupaten Lampung
Tengah, ruas jalan Metro - Punggur mengalami kerusakan di beberapa titik yang
cukup mengganggu kelancaran bagi pengguna jalan apa bila dalam kondisi
hujan jalan mengalami genangan air dan lumpur di beberapa titik di akibatkan
adanya jalan berlubang yang cukup membahayakan bagi pengguna jalan
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan dan
kerataan permukaan jalan pada Ruas Jalan Pattimura Metro-Punggur Sta. 3+500
sampai dengan 8+600. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI). Dari hasil
perbandingan nilai persentase kondisi jalan metode SDI dan IRI pada ruas jalan
Kota Metro - Kecamatan Punggur Sta. 3+500 - Sta. 8+600 yang terbagi dalam 26
segmen, metode SDI nilai persentase terbesarnya yaitu 57,593% dengan kondisi
Rusak Berat dan metode IRI nilai persentase terbesarnya yaitu 46,153% dengan
kondisi Sedang. Dari hasil tersebut dapat dianalisa bahwa metode yang tepat
dalam penilaian kondisi pada ruas jalan Pattimura Kota Metro - Kecamatan
Punggur yaitu Metode SDI dan jenis penanganannya yakni Peningkatan dengan
nilai persentasenya sebesar 53,846%. Jenis penanganan dari hasil analisa
sesuai dengan standar ?Direktorat Jendral Bina Marga Nomor.13/PRT/M/11?
tentang ( Pemeliharaan Jalan ) dan hasil perhitungan koefisien korelasi (ratio)
antara nilai SDI dan IRI angka yang didapatkan yaitu sebesar r = 0.8797 yang
berarti mempunyai hubungan korelasi kuat/erat.