Abstract :
Media pembelajaran yang digunakan peserta didik di SMP PGRI 1
Batanghari berupa buku cetak dan tidak semua peserta didik memiliki buku cetak
sehingga untuk mempelajari materi pembelajaran siswa mengalami kesulitan
dikarenakan materi tersebut tidak dijelaskan dan ditegaskan kembali sehingga
sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Sehingga peneliti berupaya
mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa modul berbasis scan
barcode untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang di
pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
modul ilmu pengetahuan sosial berbasis Scan Barcode yang valid dan praktis.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define,
Design, Development, dan Disseminate yang diadaptasi menjadi 4D, yaitu
pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian dan
pengembangan dari media pembelajaran modul berbasis scan barcode ini
dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis.
Divalidasi oleh 3 ahli yaitu, ahli media, ahli desain, dan ahli materi, serta diuji
coba kepada peserta didik sebanyak 15 orang untuk mengetahui respon peserta
didik. Hasil validasi ahli media sebesar 90% sehingga dinyatakan Sangat Kuat
atau Sangat Valid. Hasil validasi ahli desain mendapatkan sebesar 78%
sehingga dinyatakan Kuat atau Valid. Kemudian hasil validasi ahli materi sebesar
92% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Sangat Valid. Dan hasil dari
rekapitulasi data respon peserta didik sebesar 89,2% dan dinyatakan sangat
praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba respon peserta didik maka
produk modul berbasis Scan Barcode valid dan praktis.