Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Metro.
Jenis Penelitian ini adalah Quasi Exsperiment, dengan rancangan penelitian
Posttest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas VII SMP Negeri 7 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam
penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda a,b,c,d yang terdiri dari 30 butir soal
pilihan ganda materi interaksi sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa 1) Model pembelajaran problem solving berbantu media
gambar lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP
Negeri 7 Metro dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2)
Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata
hasil
belajar
kelas
kontrol.
Hal
tersebut
dapat
dilihat
dari
rata-rata
nilai
kelas
eksperimen
yaitu 78,9 dan rata-rata nilai kelas kontrol 69,5. Berdasarkan
rumusan masalah pada penelitian ini maka hasil analisis data menggunakan uji
hipotesis yaitu uji-t dua pihak pada SPSS dengan taraf signifikan
menunjukkan . artinya ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu
media gambar dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kemudian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak diperoleh
hasil artinya rata-rata hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu media gambar
lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.