Abstract :
Bahan ajar mempunyai peran yang penting dalam proses pembelajaran.
Namun bahan ajar yang digunakan masih belum memenuhi kebutuhan peserta
didik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD berbasis
Auditory, Intellectually, Repetition
(AIR
)sebagai bahan ajar pembelajaran materi
BUMN, BUMD dan BUMS valid dan praktis.LKPD ini dikembangkan sesuai
dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan media pembelajaran.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation
). Proses untuk menghasilkan LKPD diawali dengan
tahap validasi oleh ahli media, ahli desain dan ahli materi. LKPD Berbasis
Auditory, Intellectually, Repetition
(AIR
)juga diujicobakan ke sekolah untuk
mengukur respon peserta didik kelas X SMA Negeri 02 Negara Batin. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition
(AIR
)
ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil
validasi akhir dari ahli desain dengan persentase sebesar 80% dengan kriteria
kuat, hasil penilaian oleh ahli media dengan persentase 90% dengan kriteria
sangat kuat, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 86,7% dengan
kriteria sangat kuat dan hasil pengujian dengan kelompok kecil yaitu 15 orang
peserta didik dengan persentase 86,4% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan
presentase yang diperoleh dari rata-rata validasi ahli sebesar 89,2% dengan
kriteria sangat kuat dan respon peserta didik sebesar 86,4% dengan kriteria
sangat kuat maka LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition
(AIR
)
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses
pembelajaran.