Abstract :
Modul pembelajaran adalah salah satu media yang dapat
dimanfaatkan untuk belajar peserta didik. Modul perlu dan penting untuk
dibuat dan dikembangkan agar peserta didik lebih mudah untuk memahami
materi pelajaran. Tujuan dari pengembangan modul berbasis PQ4R ini
adalah untuk menghasilkan modul atau produk yang teruji oleh ahli atau
pakar baik secara isi materi maupun desain modul.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian
pengembangan yang dilakukan mengacu pada penelitian 4D dengan
mengunakan model pengembangan sampai ke produk teruji.
Pengembangan produk meliputi: identifikasi potensi dan masalah, kajian
literatur dan penelitian relevan, desain produk, validasi produk, dan desain
teruji.
Hasil penelitian ini bahwa validasi produk yakni modul berbasis
PQ4R dilakukan sebanyak dua kali. Pada tahap pertama dilakukan validasi
pada aspek desain dan aspek materi modul. Pada aspek desain diperoleh
tingkat kelayakan modul sebesar 62,5% dengan kategori layak. Kemudian
pada aspek materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 69,2%.
Setelah produk direvisi sesuai saran, maka dilakukan validasi kembali.
Pada validasi kedua diperoleh persentase kelayakan pada aspek desain
sebesar 87% dan pada aspek materi 84% dengan kriteria kelayakan
sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk atau
modul yang dikembangkan telah teruji oleh para pakar dengan kriteria
sangat layak digunakan dalam pembelajaran.