Abstract :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem
Eksresi pada Manusia di SMPN 2 Raman Utara. Jenis penelitian ini adalah
eksperimental dengan rancangan menggunakan Posttest Only Control Design,
peneliti menggunakan instrument berupa butir soal tes essay (uraian) yang
digunakan peneliti untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah melakukan
proses belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovey Learning.
peneliti menggunakan 2 kelompok dengan design penelitian yaitu kelompok
kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning dengan
metode tanya jawab individu dan kelompok eksperimen menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi kelompok. Data
penelitian diuji hipotesis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan
dua rata-rata. Hasil uji dengan uji normalitas menunjukan X
2
hit
= 9,93 > X
=
11,07 pada ?=0,05, kemudian pada uji kesamaan dua rata-rata t
yaitu 17,9
> 2,01 ( = 5%) Sehingga ada pengaruh model pembelajaran Discovery
Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Eksresi pada
Manusia di SMPN 2 Raman Utara.
Kata kunci: model pembelajaran Discovery Learning; hasil belajar siswa