Abstract :
Buku saku merupakan sebuah kumpulan dari materi-materi ekonomi yang
di buat secara ringkas dan menarik. Pengembangan buku saku pada materi
ekonomi ini menerapkan prinsip-prinsip desain pengembangan pembelajaran
yang disajikan menggunakan metode problem solving sebagai evaluasi peserta
didik untuk berpikir kritis serta menggunakan gambar-gambar yang sesuai
dengan materi yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran berbentuk buku saku digital berbasis metode problem solving mata
pelajaran ekonomi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro yang valid dan praktis.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define,
Design, Development, dan Disseminate yang diadaptasi menjadi 4P, yaitu
pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian
yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa media pembelajaran buku
saku digital berbasis metode problem solving dinyatakan layak digunakan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tampilan media sebesar 85% sehingga
dinyatakan Sangat Kuat atau Valid, dan hasil dari desain mendapatkan
presentase sebesar 81% sehingga dinyatakan Sangat Kuat atau Valid.
Kemudian dari penyajian materi sebesar 82% sehingga dinyatakan Sangat Kuat
atau Valid. Selanjutnya hasil respon peserta didik sebesar 98% dan dinyatakan
sangat praktis. Berdasarkan hasil presentase, media buku saku digital berbasis
metode problem solving yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis
untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.