Abstract :
Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan
pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan
materi kepada peserta didik. Hasil prasurvei pada guru dan peserta didik SMP
Negeri 3 Sekampung diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran yang
kurang menarik dan model pembelajaran yang kurang variatif menarik sehingga
mengurangi minat belajar peserta didik. Maka diperlukan media pembelajaran
yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja untuk semua peserta didik
dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi, yaitu pengembangan
multimedia interaktif berbantu adobe premiere pro yang merupakan sebuah
aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video dan editing professional
dengan banyaknya pilihan fasilitas berupa suara, gambar, foto, video dan efek
animasi sesuai kebutuhan kita yang memungkinkan untuk mendesain dan
membuat media pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan terarah.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia
interaktif berbantu adobe premiere pro sebagai media pembelajaran IPS terpadu
materi kebutuhan manusia di SMP Negeri 3 Sekampung yang valid dan praktis.
Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang meliputi: define,
design, development, dan disseminate. Berdasarkan hasil penelitian menujukan
bahwa multimedia interaktif berbantu adobe premiere pro sebagai media
pembelajaran pada mata pelajaran IPS layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan rata-rata presentase 92% kriteria
sangat kuat, ahli materi dengan rata-rata presentase 93,3% dengan kriteria
sangat kuat. Hasil uji coba produk kepada peserta didik dengan rata-rata
presentase 92,8% kriteria sangat kuat. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat
disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbantu adobe premiere pro
merupakan media pembelajaran yang sangat layak dan praktis dalam proses
pembelajaran.