Abstract :
Perkembangan teknologi saat ini melahirkan berbagai macam media
pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi pada umumnya lebih
menarik karena memiliki fitur animasi yang disenangi oleh peserta didik. Selain
itu dapat disimpan pada perangkat lunak seperti smartphone. Tujuan dari
pengembangan produk ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
sparkol videoscribe berbasis scientific learning sebagai media pembelajaran
pada materi permintaan kelas VII yang valid dan praktis.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4-D model
ini terdiri dari pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate) namun peneliti
tidak melakukan penelitian sampai pada tahap penyebaran dikarenakan
keterbatasan waktu penelitian.
Hasil Penelitian menggunakan uji validasi produk dengan kreteria valid
dan praktis.Validator 1 ahli media dengan presentase sebesar 78% dengan
kriteria ?layak?. Validator 2 ahli media dengan persentase 92% dengan kriteria
?sangat layak?. Dari kedua validator ahli media tersebut didapat rata-rata
persentase 87,5% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil validasi ahli materi
dengan presentase sebesar 96% dengan kriteria ?sangat layak?. Produk praktis
diperoleh dari hasil angket peserta didik dengan hasil akhir presentase sebesar
92,4% dengan kriteria ?sangat layak? Hasil analisis pengujian ahli media, ahli
materi dan hasil rekapitulasi respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran sparcol videoscribe berbasis scientific learning yang
dikembangkan oleh peneliti layak digunakan.