Abstract :
Penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu
guru dalam pembelajaran, akan tetapi permasalahannya adalah masih
kurangnya inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata
pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk
berupa LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada Pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan
mengembangkan produk berupa LKPD. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Pengujian
validitas menggunakan validitas ahli yang dinilai dari aspek materi dan desain
media. Berdasarkan hasil pengembangan produk yang telah dilakukan maka
dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk berupa LKPD berbasis
pendekatan Metakognitif telah berhasil dilakukan dan telah diuji validasi oleh
validator ahli. LKPD berbasis Pendekatan metakognitif tervalidasi dengan kriteria
valid yakni layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.