Abstract :
Buku pengayaan merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai
penunjang atau pelengkap dari buku utama untuk memperdalam penguasaan
materi secara optimal bagi peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM.
Namun, tidak semua peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM diberikan
pengayaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan IPS
Terpadu dengan pendekatan kontekstual kelas VIII di SMP Negeri 1 Batanghari
yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian
pengembangan dengan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap
pengembangan, yaitu Define, Design, Development, Disseminate yang
diadaptasi menjadi 4D, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan
penyebaran. Proses pembuatan buku pengayaan diawali dengan tahap validasi
oleh dua ahli desain dan satu ahli materi. Buku pengayaan juga diujicobakan
dalam kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas VIII di SMP
Negeri 1 Batanghari. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku pengayaan ini
layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan hasil validasi
ahli desain satu dengan persentase 83% dengan kriteria sangat kuat, hasil
penilaian ahli desain dua dengan persentase 90% dengan kriteria sangat kuat,
hasil penilaian ahli materi dengan persentase 90% dengan kriteria sangat kuat
dan hasil ujicoba dengan kelompok kecil sebanyak sepuluh dari tiga puluh
peserta didik dengan persentase 89,9% termasuk kedalam standar sangat kuat.
Berdasarkan persentase yang diperoleh, buku pengayaan dinyatakan valid dan
praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk menerapkan program
pengayaan.