Abstract :
Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan
pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan
materi kepada peserta didik. Hasil prasurvei pada guru dan peserta didik SMA
Negeri 1 Trimurjo diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran yang
kurang menarik sehingga mengurangi minat belajar peserta didik. Dari masalah
tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa pengembangan
audio visual berbasis macromedia flash. Media pembelajaran audio visual
berbasis macromedia flash ini bersifat mandiri, karena dalam produk terdapat
materi, contoh video,dan soal evaluasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah
untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash
pada materi ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo yang valid dan
praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah menggunakan 7 langkah
yang sederhana dengan mengacu pada langkah ? langkah yang dikembangkan
Sugiyono (2017 : 409), yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data,
desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil
validasi ahli media dengan rata-rata persentase 88% kriteria sangat layak, ahli
desain dengan rata ? rata persentase 89% kriteria sangat layak, ahli materi
dengan rata-rata presentase 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba
produk kepada peserta didik dengan rata-rata presentase 93% kriteria sangat
baik. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran audio visual berbasis macromedia flash pada materi
ketenagakerjaan kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo sangat layak dan praktis dalam
proses pembelajaran.