Abstract :
Pelayanan nasabah atau yang sering disebut Customer Service Officer
berasal dari dua kata yaitu Customer yang berarti pelanggan dan service yang
berarti pelayanan. Pelayanan diartikan sebagai tindakan atau perbuatan
seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau
nasabah.
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kinerja SDM PT. Bank Rakyat
Indonesia Unit Seputih Raman Terhadap Mutu Pelayanan Nasabah khususnya
dibagian kinerja SDM dan pelayanan. Jadi tujuan yang dilakukan oleh peneliti
yaitu untuk mengetahui apakah ada upaya peningkatan kinerja SDM dan
dampak peningkatan kinerja SDM terhadap mutu pelayanan nasabah pada PT.
Bank Rakyat Indonesia Unit Seputih Raman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Seputih
Raman menunjukan bahwa upaya meningkatkan kinerja SDM PT. Bank Rakyat
Indonesia Unit Seputih Raman adalah memberikan suatu pelatihan dan
profesionalitas pegawai. Dampak upaya meningkatkan kinerja SDM PT. Bank
Rakyat Indonesia Unit Seputih Raman terhadap mutu pelayanan nasabah yaitu
pegawai dapat bersaing untuk memberikan pelayanan yang baik pada kegiatan
operasional bank kepada nasabah. Pegawai juga dapat merasakan pentingnya
keberadaan mereka sehingga tergerak untuk melaksanakan visi dan misi
perusahaan.