Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah keingintahuan penulis dalam kegiatan
para pegawai dikantor maupun dilapangan di kantor cabang BMT Assyafi?iyah
Cabang Pekalongan dalam mengupayakan loyalitas nasabah serta pengaruh
kualitas pelayanan yang menjadi penghambat terhadap loyalitas nasabah
menggunakan produk pembiayaan murabahah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan melalui
wawancara langsung dengan pegawai serta beberapa nasabah BMT Assyafi?iyah
Cabang Pekalongan.
Hasil Penelitian ini pengaruh kualitas pelayanan yang baik dan maksimal
akan memiliki dampak positif terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk
pembiayaan murabahah. Pihak BMT harus benar ? benar mengetahui dan
memahami perilaku nasabah, tentang yang dibutuhkan dan yang diinginkan
dengan cara menganalisis faktor dari kualitas pelayanan terhadap minat nasabah
menggunakan produk pembiayaan murabahah. Jasa pelayanan yang diberikan
oleh pihak BMT belum cukup hanya sekedar sikap dan tingkah laku Pegawai
BMT dalam melayani nasabah tetapi juga mencakup variabel pelayanan yaitu
cara promosi kepada nasabah, kemampuan, sikap, penampilan, perhatian,
tindakan dan tanggung jawab.