Abstract :
Disiplin belajar merupakan sikap atau tingkah laku untuk dapat
menjalankan kewajibannya untuk belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar
di rumah. Tujuan penelitian ini adalah ?untuk mengetahui bagaimana bentuk
dukungan sosial yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik SMA Negeri 1 Punggur Tahun
Pelajaran 2018/2019?.
Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif dimana pelaksanaan
penelitian ini untuk mengetahui bentuk dukungan yang dilakukan oleh guru
Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik
SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara (1) Guru BK (2) Peserta Didik.
Hasil penelitian menunjukan, bentuk dukungan sosial yang dilakukan guru
bimbingan konseling untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik berjalan
dengan baik. Sebab dukungan sosial yang diberikan oleh guru bimbingan dan
konseling diberikan secara terarah dan teratur kepada peserta didik.