Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja siswa matematika
berbantu android pada materi perbandingan kelas VII yang valid dan praktis.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun karena
penelitian hanya terfokus pada pengembangan produk, penelitian ini tidak
melakukan tahap Implementation, dan untuk tahap evaluation dilakukan
disetiap tahapan. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Purbolinggo.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII B MTs Muhammadiyah
Purbolinggo. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika berbantu
android materi perbandingan. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen angket wawancara dan instrumen angket uji validasi ahli materi, media
serta angket uji coba kepraktisan peserta didik. Dari hasil uji validasi yang
dilakukan oleh 4 validator ahli yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media serta uji coba
kepraktisan yang dilakukan oleh 5 peserta didik, dapat disimpulkan bahwa
lembar kerja siswa matematika berbantu android pada materi perbandingan
kelas VII dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase hasil uji kevalidan
sebesar 88,56% dan sangat praktis dengan rata-rata persentase hasil uji
kepraktisan sebesar 90,47%.