Abstract :
Perkembangan bisnis di indonesia mengalami perkembangan yang
cukup baik. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan baik
dalam negeri maupun dari luar negri yang saling bersaing dalam
memasarkan produknya. Kondisi ini memberikan keuntungan bagi
masyarakat sebagai konsumen karena terdapat banyak pilihan produk sesuai
kebutuhannya. Namun hal tersebut juga menuntut perusahaan untuk
menyesuaikan diri agar mampu bersaing dengan usaha jebis lainnya.
Tindakan yanag daoat dilakukan perusahaan diantaranya melalui pemberian
kredit, karena tidak semua masyarakat mampu untuk membeli barang secara
tunai. Oleh karna itu penjualan secara kredit merupakan salah satu bentuk
setrategi perusahaan dalam meningkatkan penjualan ,sebagaimana yang
dilakukan oleh PT. FIF Cabang Metro.
Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitaian
deskriptif. Menganalisis dengan menyajikan faakta secara sistematis
sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulakan. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Dimana penelitian
menggambarkan keadaan objek penelitian dengan mengumpulkan data dan
mengolah data-data yang berkaitan erat dengan masalah yang akan diteliti.
Sehingga akan diperoleh hasil analisis yang tepat dan akurat.
Hasil Penelitain ini adalah Penerapan kebijakan dalam upaya
pemberian kredit yang efektif telah menerapkan prinsip kehati hatian dengan
mengidentifikasi kelengkapan persyaratan debitur dan memvalidasi
kebenaran data yang di ajukan serta melakukan analisis penilaian terhadap
pengajuan kredit, Pemberian kredit telah sesuai dengan kebijakan yang telah
di tetapkan, dimana tehapan proses pemberian kredit dimulai dari adanya
permohonan, survei kelapangan,validasi data, analisis kredit,penilaian resiko,
pengikatan kontrak dan dilakukan nya proses audit.