DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Author
Maskiah, Maski
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-11-29 04:20:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan apakah model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan suatu model dimana guru menjadi fasilitator dan pengarah, sedangkan siswa aktif melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur dan langkah kerja untuk mengembangkan rasa ingin tahu. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan soal secara lancar (fluency), luwes (flexibility), keaslian (originality), dan memperinci (elaboration). Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control group desain. Dimana populasi merupakan seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Kota Sukabumi, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas eksperimen VII A dan kelas kontrol VII B. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik dibanding kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran langsung. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sukabumi