DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PADA KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMPN 13 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Author
Ginanjar, Rizki
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-12-04 04:05:46 
Abstract :
Keterampilan berbicara sangat berpengaruh penting terhadap kemampuan berargumentasi, Kemampuan berargumentasi adalah kemampuan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan yang disertai dengan hak-hak dan kewajiban yang baik dalam menyampaikan argumentasinya. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 13 Kota Sukabumi terdapat siswa yang berbahasa Indonesia tidak sesuai dengan kaidahnya pada saat berargumentasi, menerapkan Model Pembelajaran debat dapat menjadi solusi dalam menangani permasalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berargumen sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran debat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental design dengan menggunakan satu kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol serta menggunakan desain penelitian one group pretest-posttes design. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berargumentasi siswa mengalami peningkatan dengan memperoleh gain sebesar 1480.05 dengan rata-rata 33.63. Hal tersebut didukung uji hipotesis dengan perolehan thitung (31.42)> ttabel (2.021). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran debat berpengaruh terhadap keterampilan berargumentasi siwa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Sukabumi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sukabumi