DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT MATHAYOM DI NIRANDONWITYA SCHOOL NARATHIWAT THAILAND SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Author
Rahmawati, Syifa Silvia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-12-04 04:18:16 
Abstract :
Penggunaan media pembelajaran sangat penting terutama terhadap pembelajaran bahasa Indonesia bagi pembelajar asing, media bukan hanya alat pendukung pembelajaran tetapi kesatuan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Indonesia tingkat Mathayom di Nirandonwitya School Narathiwat Thailand Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat diketahui macam-macam media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Subjek penelitian ini yaitu empat kelas Mathayom di Nirandonwitya School, sedangkan objeknya yaitu penggunaan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini terdapat tiga media pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran bahasa Indonesia tingkat Mathayom di Nirandonwitya School yaitu Media Audio, Media Visual, dan Media Cetak. Tiga jenis media tersebut terdiri dari enam penggunaan media yaitu Media Lagu, Media Rekaman, Media Kartu, Media Foto, Media Cetak Berbasis Buku, dan Media Cetak Berbasis Lembaran Lepas. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sukabumi