DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK TERATAI (TERJUN, AMATI, DAN RANGKAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Author
Oktafia, Tia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-12-04 04:20:48 
Abstract :
Keterampilan menulis sangat berpengaruh terhadap pembelajaran puisi. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi pada kelas VIII merasa kesulitan menentukan sebuah topik utama pada saat pembelajaran menulis puisi, menerapkan Model Pembelajaran Teknik Teratai dapat menjadi solusi dalam menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Teknik Teratai. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ?One Group Pretest-Posttest Desain? dengan menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil pretest dan posttest berbeda setelah diberikan treatment dengan nilai rata-rata pretest 61,35 dan nilai rata-rata posttest 78,7. Diketahui harga Thitung yaitu 15,84. Harga Thitung tersebut dikonsultasikan dengan Ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N ? 1 atau 37 ? 1 = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 maka harga Ttabel 2.042, hasil tersebut menunjukkan bahwa harga Thitung lebih besar daripada harga Ttabel karena Thitung berjumlah 15,84 dan Ttabel berjumlah 2.042. bila Thitung lebih besar daripada Ttabel maka hasil dinyatakan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran Teknik Teratai berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sukabumi