DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA FILM ANIMASI DI KELAS TINGGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Author
Hasanah, Ana Uswatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-04-12 06:23:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media film animasi di kelas tinggi pada siswa kelas V SDN 2 Cibadak Kab. Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain model siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Cibadak yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, hasil tes, hasil dokumentasi. Hasil penelitian pada pretes siswa yang memperoleh ketuntasan klasikal 23% atau sejumlah 7 orang siswa meningkat dan 77% atau 23 orang siswa belum meningkat, pada siklus I yang memperoleh ketuntasan klasikal 46% atau sejumlah 14 orang siswa dan 54% atau 16 orang siswa masih belum meningkat (belum tuntas) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 93% (28 siswa) dan 7 % atau 2 orang siswa yang belum mencapai KKM. kesimpulan dari Penelitian ini bahwa penggunaan media film animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas V SDN 2 Cibadak tahun ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sukabumi