DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERSEPSI, PEMAHAMAN INVESTASI, DAN PELATIHAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL (STUDI PADA MAHASISWA DI PONOROGO)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Author
Dzilmantoro, Alma Fuadzin
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-09-07 07:22:22 
Abstract :
Investasi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara. Kita sebagai generasi muda memiliki peran yang penting untuk ikut andil dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara kita ke arah yang lebih baik, salah satunya yaitu dengan ikut serta mensukseskan program pemerintah dalam hal peningkatan jumlah investor baru dikalangan generasi muda khususnya pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan terhadap minat investasi mahasiswa di Ponorogo. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di Ponorogo dengan pertimbangan berstatus sebagai mahasiswa aktif tahun angkatan 2018 dan 2019 di Perguruan Tinggi di Ponorogo dimana perguruan tinggi tersebut memiliki Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, yaitu Unmuh Ponorogo dan IAIN Ponorogo yang berjumlah 4814 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebesar 98 sampel mahasiswa. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan skla pengukuran likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik persepsi seseorang tentang investasi maka akan semakin tinggi pula minat berinvesatsi di pasar modal.Pemahaman investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik pemahaman investasi seseorang maka akan semakin tinggi minat berinvesatsi di pasar modal.Pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, artinya semakin baik pelatihan yang dilakukan maka akan meningkatkan minat dalam berinvestasi. Persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat investasi. Artinya semakin baik persepsi, pemahaman investasi dan pelatihan, maka akan meningkatkana minat seseorang dalam berinvestasi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Ponorogo