DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN ADAB PADA ANAK USIA DINI DI TKIT 2 QURROTA 'AYUN PONOROGO
Total View This Week66
Institusion
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Author
Yuliastuti, Dwi
Fadlillah, M
Fadhli, Muhibuddin
Subject
TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
Datestamp
2021-10-04 01:43:44 
Abstract :
Dwi Yuliastuti. Implementasi Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Adab Pada Anak Usia Dini di TKIT 2 Qurrota ‘Ayun Ponorogo. Skripsi. Program Studi Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. M. Fadlillah, S.Pd.I, M.Pd.I, Pembimbing 2 Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Adab Pada Anak Usia Dini di TKIT 2 Qurrota ‘Ayun Ponorogo. Subyek penelitian ini 8 guru dan 45 anak kelompok A di TKIT 2 Qurrota ‘Ayun Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan, penggambaran, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman adab adalah salah satu program unggulan di TKIT 2 Qurrota ‘Ayun Ponorogo yang dinamakan dengan Character Minded. Pelaksanaan penanaman adab di TKIT 2 Qurrota ‘Ayun Ponorogo terdapat pada penyambutan, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, istirahat, penutup dan penjemputan. Pada penyambutan terlihat adanya pembiasaan tentang adab dengan orang tua/guru selalu diterapkan ke anak didik, anak dibiasakan mengucapkan salam, anak sangat sopan dengan orang tua. Pada kegiatan pembukaan terlihat adanya pembiasaan adab beribadah, adab berbicara dan adab kepada orang tua/guru. Selanjutnya pada kegiatan inti terlihat adanya pembiasaan tentang adab berbicara. Kegiatan bermain ditanamkan tentang adab berteman. Pada kegiatan makan terlihat adanya penanaman adab makan yang benar. Diawali dengan antri cuci tangan dengan tertib. Berdo’a sebelum dan sesudah makan, makan dengan duduk sopan, makan dengan tangan kanan. Pada kegiatan penutup terlihat adanya penanaman adab berdo’a yang baik dan adab dengan orang tua. Anak berdo’a dan mengucapkan salam untuk menutup kegiatan yang sudah dilaksanakan. Pada penjemputan guru membiasakan anak untuk mengucapkan salam ketika orang tua sudah menjemput. Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Adab, Anak Usia Dini 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Ponorogo