DETAIL DOCUMENT
METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS IKLUSI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Author
OKTAVIANI, DEWI
Subject
LB2361 Curriculum 
Datestamp
2022-09-02 08:22:52 
Abstract :
ABSTRAK Dewi Oktaviani. 2022. Metode Pembelajaran Agama Islam (Studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponororgo), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammaiyah Ponorogo. Pembimbing : (i) Dr. Syarifan Nurjan, MA (II) Dr.Muh Tajab, MA Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran, Pendidikan Inklusi Pendidikan inklusi yaitu pendidikan yang didalamnya terdpat siswa yang berkebutuhan khusus (ABK) dan siswa normal (reguler) yang digabung dalam satu ruang dan belajar bersama sama dalam satu waktu.meskipun pendidikan inklusi ini sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia pendidikan akantetapi belum banyaksekolah yang menyelenggarakannya. Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Ponorogo yang didalamnya terdapat kelas inklusi, dimana pendidikan inklusi merupakan bagian dari pendidikan nasional. Dalam kelas inklusi guru dituntut untuk kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didiknya. Metode pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan supaya pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajran akan terwujud. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran pada kelas inklusi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo serta apa yang menjadi pendukung serta penghambat dalam pembelajaran di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana penelitian dilakukan secara mendalam melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model karya Miles dan Huberman,yaitu reduction, data display dan conclution drawing / verivication. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : metode Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : 1) Pendidikan Inklusi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorgo sudah terselenggara dalam waktu yang relatif lama, sekolah ini merupakan penyelenggara pendidikan inklusi yang memiliki siswa inklusi dengan jenis disabilitas netra (tunanetra). 2)metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas inklusi diantaranya yaitu,(a) metode ceramah, (b) metode tanya jawab, (c) metode diskusi kelompok, (d) metode drill atau latihan, (e) metode demonstrasi. 3) Adapun faktor yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dikategorikan menjadi dua macam yaitu faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri pserta didik serta faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar peserta didik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Ponorogo