DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ALJABAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
ARDIYANTI, ANISA AJI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2010-11-17 08:33:56 
Abstract :
umumnya dimiliki siswa dan guru. Maka penulis memandang diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut. Didalam kegiatan belajar mengajar ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Komputer adalah suatu medium interaktif, dimana siswa dapat berinteraksi dengan baik sehingga diperlukan suatu program pembelajaran matematika berbantuan komputer. tujuan dari penulisan skipsi ini adalah: (1) untuk merancang media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan aljabar menggunakan Macromedia Flash 8, (2) untuk mengetahui tanggapan para ahli (dosen dan guru) terhadap media pembelajaran berbantuan komputer dengan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode Research and Development karena penulis hanya merancang program dan diuji validitas saja tanpa melakukan uji coba terhadap murid. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi literatur. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) kelebihan program: a) Program ini disertai dengan gambar, animasi, serta suara yang membuat tampilan lebih menarik, interaktif, atraktif dan praktis, b) Program ini bisa juga digunakan untuk menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan bahasa pemrograman actionscript, c) Setelah file dalam bentuk *.exe maka dapat di mainkan tanpa harus menginstall software macromedia flash terlebih dahulu. 2) kekurangan program: a) Membutuhkan keahlian khusus untuk membuat aplikasi dari program ini, apalagi untuk materi matematika, b) Sulit melakukan editing dalam program ini. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta