DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
ZAMANI, NUR FARIDA
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2010-11-17 08:33:04 
Abstract :
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan belajar kooperatif tipe STAD dengan modifikasi numberal head together. Subjek yang melakukan tindakan pada penelitian ini adalah guru matematika bekerja sama dengan peneliti. Sedangkan subyek yang dikenai tindakan pada penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini memberikan hasil berupa peningkatan yang signifikan pada aspek yang diteliti yaitu, kemampuan mengubah masalah matematika kedalam bentuk simbolik, kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika, kemampuan operasi hitung aljabar, kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan. Prestasi siswa pada pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan nilai siswa lebih dari sama dengan 60 terus bertambah pada setiap putaran. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan belajar kooperatif tipe STAD dengan modifikasi numberal head together pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan bernalar dan prestasi siswa. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Surakarta